Friday, January 6, 2017

Pengambilan Sampah Dari Warga

Pengambilan sampah dilakukan oleh petugas dari KSM setiap harinya. Pengurus menyusun rute pengambilan sampah agar dalam pengambilan dapat efektif dan menghemat bahan bakar. Pada saat uji coba dalam pengambilan sampah dari warga masih bertahap dan belum dapat dilaksanakan pengambilan pada semua wilayah layanan. Hal ini dilakukan karena petugas pengambil sampah dan operator masih dalam tahap latihan, dan diharapkan dalam waktu satu bulan  daerah layanan dapat terlayani semua.
            Pada tahap awal pengambilan sampah masih terdapat warga yang belum memilah sampah. Untuk sementara waktu sampah yang belum dipilah oleh warga tetap diangkut dan dibawa ke TPS 3R untuk dilakukan pemilahan oleh petugas.
Jenis sampah yang diambil meliputi sampah sisi sayuran, kulit buah, kertas, plastik makanan, tas plastik, ampas kelapa, daun pembungkus makanan dan daun dari halaman saat adanya kegiatan bersih-bersih halaman rumah.
            Pengangkutan sampah dilakukan dengan menggunakan sarana gerobak motor  dengan petugas yang mengoperasionalkan satu orang supir dan  satu orang asisten sehingga dibutuhkan 2 orang petugas dalam melaksakan kegiatan pengambilan sampah Petugas pengambil sampah ini disamping bertugas mengambil sampah diwarga wilayah cakupan juga melakukan sosialisasi kepada warga yang belum memilah sampah.
Kendala yang dihadapi saat pengambilan sampah adalah petugas belum terbiasa menggunakan gerobak motor  sehingga dalam pengambilan memakan waktu lama

No comments:

Post a Comment